KOMPONEN MESIN DAN FUNGSINYA │ OTOTRACK201



komponen mesin sepeda motor

KOMPONEN MESIN DAN FUNGSINYA

Ototrack201 – Bagi anda yang ingin tahu beberapa komponen sepeda motor yang selama ini anda pakai , kami akan mejelaskan beberapa komponen tersebut.
Sebelumny kami kan membagi menjadi beberapa bagian agar anda lebih memahami dan mudah untuk meagningatnya.

Bagian head cylinder / kepala silinder ( bagian paling depan mesin )

1. Blok silinder (Cylinder Block)
fungsi : sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakaran bahan bakar.

2. Dudukan Katup ( Valve Seat )
fungsi: Tempat dudukan katup saat menutup
. Katup (Valve)
fungsi: Membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang.

3. Pegas Katup (Valve Spring)
fungsi: Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semula dan memberi tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.

4. Tuas Katup ( Rocker arm )
fungsi: Menekan katup - katup sehingga dapat membuka.

5. Batang pendorong ( push rod )
fungsi: Meneruskan gerakan valve lifter ( pengangkat katup ) ke rocker arm

6. Noken as / Poros Nok ( camshaft )
fungsi: Membuka dan menutup katup sesuai dengan waktu ( Timming ) yang telah ditentukan.


7. Kepala Silinder ( Cylinder Head )
fungsi: Tempat kedudukan mekanisme katup, ruang bakar, busi dan sebagai tutup blok silinder.

Bagian boring ( bagian tengah antara head cylinder dan mesin belakang )


1. Torak (piston)
fungsi : untuk memindahkan tenaga yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros engkol (crank shaft) melalui batang torak (connecting road).

2. Cincin Torak (Ring piston)
fungsi: - Mencegah kebocoran gas bahan bakar saat langkah kompresi dan usaha.
- Mencegah masuknya oli pelumas ke ruang bakar. 
- Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.

3. Pin
Fungsi : untuk menghubungkan piston dan stang seher , dan sebagai dudukan piston.

4. Stang seher (Connecting Rod)
fungsi: Menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran bahan bakar dan meneruskannya keporos engkol.

5. Botol boring
Fungsi : sebagai tempat bergerak piston dan sebagai ruangan untuk pembakaran

Bagian belakang mesin


1. Poros Engkol (crank shaft)
fungsi: Mengubah gerak naik turun torak menjadi gerak berputar yang akhirnya menggerakkan roda-roda.


2. Roda Penerus (Fly Wheel)
fungsi: Menyimpan tenaga putar ( inertia ) yang dihasilkan pada langkah usaha, agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya.

3. Karter ( Oil Pan )
fungsi: Menampung oli pelumas.


4. Bantalan Luncur Aksial ( Thrust Waser )
fungsi: Menahan poros engkol agar tidak bergerak/bergeser maju-mundur.

5. Timming Chain : rantai timing / Timing Belat : sabuk timing
fungsi: Menghubungkan gerak putar poros engkol keporos nok.

 Itulah beberapa komponen yang terdapat di sepeda motor, untuk mengetahui info lainnya ikuti Ototrack201. Semoga info yang kami berikan bermanfaat bagi anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama