KOMPONEN MESIN DAN FUNGSINYA
Ototrack201 – Bagi anda yang ingin tahu beberapa komponen sepeda motor yang
selama ini anda pakai , kami akan mejelaskan beberapa komponen tersebut.
Sebelumny kami kan membagi menjadi beberapa bagian agar anda lebih memahami
dan mudah untuk meagningatnya.
Bagian head cylinder / kepala silinder ( bagian paling depan mesin )
1. Blok silinder (Cylinder Block)
fungsi : sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses
pembakaran bahan bakar.
2. Dudukan Katup ( Valve Seat )
fungsi: Tempat dudukan katup saat menutup
. Katup (Valve)
fungsi: Membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang.
3. Pegas Katup (Valve Spring)
fungsi: Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semula dan memberi
tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.
4. Tuas Katup ( Rocker arm )
fungsi: Menekan katup - katup sehingga dapat membuka.
5. Batang pendorong ( push rod )
fungsi: Meneruskan gerakan valve lifter ( pengangkat katup ) ke rocker arm
6. Noken as / Poros Nok ( camshaft )
fungsi: Membuka dan menutup katup sesuai dengan waktu ( Timming ) yang
telah ditentukan.
7. Kepala Silinder ( Cylinder Head )
fungsi: Tempat kedudukan mekanisme katup, ruang bakar, busi dan sebagai
tutup blok silinder.
Bagian boring ( bagian tengah antara head cylinder dan mesin belakang )
1. Torak (piston)
fungsi : untuk memindahkan tenaga yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan
bakar ke poros engkol (crank shaft) melalui batang torak (connecting road).
2. Cincin Torak (Ring piston)
fungsi: - Mencegah kebocoran gas bahan bakar saat langkah kompresi dan
usaha.
- Mencegah masuknya oli pelumas ke ruang bakar.
- Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.
3. Pin
Fungsi : untuk menghubungkan piston dan stang seher , dan sebagai dudukan
piston.
4. Stang seher (Connecting Rod)
fungsi: Menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran bahan
bakar dan meneruskannya keporos engkol.
5. Botol boring
Fungsi : sebagai tempat bergerak piston dan sebagai ruangan untuk
pembakaran
Bagian belakang mesin
1. Poros Engkol (crank shaft)
fungsi: Mengubah gerak naik turun torak menjadi gerak berputar yang
akhirnya menggerakkan roda-roda.
2. Roda Penerus (Fly Wheel)
fungsi: Menyimpan tenaga putar ( inertia ) yang dihasilkan pada langkah usaha,
agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya.
3. Karter ( Oil Pan )
fungsi: Menampung oli pelumas.
4. Bantalan Luncur Aksial ( Thrust Waser )
fungsi: Menahan poros engkol agar tidak bergerak/bergeser maju-mundur.
5. Timming Chain : rantai timing / Timing Belat : sabuk timing
fungsi: Menghubungkan gerak putar poros engkol keporos nok.
Itulah beberapa komponen yang terdapat di sepeda motor, untuk mengetahui
info lainnya ikuti Ototrack201. Semoga info yang kami berikan bermanfaat bagi anda.
إرسال تعليق