ATURAN MENGGANTI OLI GARDAN SEPEDA MOTOR │ OTOTRACK201

ATURAN MENGGANTI OLI GARDAN SEPEDA MOTOR

Ototrack201 - Kali ini saya akan membahas hal yang seringkali di abaikan , yaitu oli gardan. kenapa oli gardan seringkali di abaikan ? tentunya dengan berbagai alasan , salahsatu alasan nya tidak adanya pembakaran atau celah yang menyebabkan surutnya oli gardan tersebut.

Lantas kapan seharusnya oli gardan di ganti ? oli gardan yang seperti apa yang bagus ? dan bagai mana cara mengganti oli gardan setiap motor matic ? mari kita bahas satu persatu.

Pergantian oli gardan


Untuk penggantian oli gardan dilakukan dengan perbandingan 3:1 terhadap oli mesin. maksudnya jika oli mesin di ganti setiap bulan maka oli gardan di ganti setiap 3 bulan , oli gardan cukup awet karena hanya melumasi 4 gear dan suhu yang tida terlalu panas ketimbang pada oli mesin.

Untuk oli yang bagus gunakanlah oli yang sesuai dengan rekomendasi terhadap motor tersebut merk ataupun ukuran nya. misalnya motor BeAT menggunakan oli gardan AHM itu sendiri dengan ukuran 120ml , dan pada motor MIO SOUL GT mengguanakan oli YAMALUBE dengan ukuran 140ml berbeda dengan MIO biasa dengan ukuran 100ml.


Cara mengganti oli gardan


Untuk mengganti oli gardan pada motor matic berbeda beda , contoh nya pada motor BeAT . pada motor BeAT carilah baut 12 yang ada di bagian belakang. bagian baut yang atas untuk memasukan oli. untuk lebih jelasnya lihat pada gambar 1.1
1.1
Berbeda dengan motor BeAT , pada motor YAMAHA lubang untuk memasukan oli nya terdapan di dekat sobleker. dan untuk lubang pembuangan nya berada di bagian bwah. lihat pada gambar 1.2

1.2


Kesimpulannya oli garadan tidak harus berbarengan dengan oli mesin , cukup 1 kali pergantian oli gardan dari 3 kali pergantian oli mesin. dan oli yang baik menggunalan oli bawaan atau rekomendasi dari pabrikan nya.sekian dulu tips kali ini , tetap ikuti Ototrack untuk infolainnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama