CARA MEMERIKSA KIPROK YANG TIDAK BERFUNGSI / MATI



kiprok motor, kiprok yamaha honda suzuki
Ototrack201 - Pada pembahasan kali ini yaitu  cara memeriksa kiprok yang tidak berfungsi atau mati, untuk memastikan gejala yang dialami motor anda disebabkan olehkiprok yang mati alangkah baiknya jika anda memahami terlebihdahulu ciri -ciri kiprok yang tidak berfungsi / mati.

Jika sudah mememahami dari ciri - ciri kiprok yang tidak berfungsi / mati selanjutnya kita akan bahas cara memeriksa kiprok yang tidakberfungsi / mati. pastikan dilakukan dengan hati -hati agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. berikut adalah cara memriksa kiprok.

Cara memeriksa kiprok yang tidak befungsi / mati

kiprok motor, kiprok yamaha honda suzuki
  • Pastikan anda mengetahui posisi kiprok tersebut. 
  • Lepaskan soket pada kiprok
  • Periksa dengan menggunakan kabel warna putih dan warna kuning, bisa menggunakan AVO atau mendekatkanya pada massa body.
  • Jika ada percikan api selanjutnya pasangkan kembali soket kiprok.
  • Setelah dipasangkan periksa kabel output dari kiprok yang berwarna merah. jika ada percikan api berarti pengecasan aki berfungsi dengan baik. jika tidak ada percikan api dipastikan kiprok sudah tidak berfungsi dan menyebabkan aki cepat soak.
  • Cara yang terakhir dan paling mudah coba hidupkan motor dan tombol lampu posisi menyala kemudian tarik gas ke putaran tinggi , jika lampu langsung redup atau mati dipastikan kiprok bermasalah.

Sepertinya cukup mudah untuk memeriksa kiprok yang tidak berfungsi / mati, jika sudah yakin bahawa kiprok mototr anda bermasalah segera ganti kiprok dengan yang baru dan gunakan kiprok original agar tahan lama.

Perlu anda ketahui bahwa warna kabel setiap kendaraan berbeda - beda, untuk mengetahuinya baca juga warna rangkaian kabel sepeda motor. hanya itu saja yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama